6/07/2011

Pentingnya aqidah islamiyah

Sesunggunya agama islam adalah aqidah dan syari’ah.
Adapun yang dimaksud dengan aqidah, yaitu setiap perkara yang  dibenarkan oleh jiwa yang dengannya hati menjadi tentram serta menjadi keyakinan bagi para pemeluknya, tidak ada keraguan dan kebimbangan bagi pemeluknya 

Sedangkan yang dimaskud syariah adalah tugas-tugas yang diembankan oleh islam seperti sholat, zakat, puasa, berbakti kepada orng tua dan lainnya. 

Landasan aqidah islamiyah adalah beriman kepada Allah , malikat2nya, kitab2nya, para rasulnya, hari akhir, dan beriman kepada qodo ( takdir)nya, yang baik ataupun yang buruk. Firman allah :
“bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah  beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat2, kitab2 dan nabi2. (al baqoroh :177)

“sesunguhnya kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran dan perintah kami hanyalah satu, perkataan seperti kejapan mata. (al qomar 49-50).

sabda nabi “ iman adah hendaknya engkau percaya pada Allah, malaikat2, kitab2, rasulnya, hari kemudian dan percaya keppada qodo (takdir) yang baik maupun yang buruk)  ( HR muslim)

pentingnya aqidah islamiyah

pentingnya aqidah islamiyah tampak dalam banyak hal; diantaranya adalah:

1. bahwasanya kebutuhan kit terhadap aqidah adalah diatas segala kebutuhan, dan kepentingan kita terhadap aqidah adalah diatas segala kepentingan. Sebab tidak ada kebahagiaan , kenikmatan, dan kegembiraan bagi hati kecuali dengan beribadah kepada Allah rab pencipta segala sesuatu.

2. bahwasanya aqidah islamiyah adalah kewajiban yang paling besar dan yang paling ditekankan, karena itu, ia adalah sesuatu yang pertama kali diwajibkan kepada manusia. Rasulullah saw. Bersabda:
aku diperintah untuk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang hak kecuali Allah dan bahwa muhammad adalah utusan Allah (HR Bukhori dan Muslim)

3. bahwa akidah islamiyah adalah satu-satunya aqidah yang bisa mewujudkan keamanan dan kedamaian, kebahagian dan kegembiraan, “tidak demikian bahkan barang siapa yang menyerahkan diri kepada Allah sedang ia berbuat kebajikan, baginya pahala pada sisi tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati albaqoroh 112. demikian pula, hanya aqidah islamiyalah satu-satunya aqidah yang bisa mewujudkan kecukupan dan kesejahteraan . Allah berfirman” jikalau sekitranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi (al a’raf 96)

4. sesungguhnya aqidah islamiyah adalah sebab sehingga bisa berkuasa di muka bumi “dan sungguh telah kami tulis didalam zabur sesudah kami tulis dalam Lauful mahfuz bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hambaku yang sholeh.

No comments:

Post a Comment