7/05/2012

Ekonomi Sosialis 1


Di setiap negara pasti punya sistim ekonomi masing-masing, salah satunya adalah sistem ekonomi sosialis. Sistem ini biasanya dipakai pada kebanyakan negara-negara di eropa seperti salah satunya jerman, kota yang biasa kita kenal dengan produk mobil nya. Hingga kini pun jerman masih terkenal dengan BMW nya yang mendunia.


Dikaitkan dengan isu yang sedang hot saat ini, beberapa negara di eropa sedang mengalami krisis Euro nya. 


Yang jadi pertanyaan buat saya nih selaku mahasiswa management informatik, "dimana letak kegagalan sistim ekonomi sosialis" ini yah? padahal sistem ini berbasiskan kesetaraan antara  masyarakat tingkat ekonomi tinggi dan rendah. orang2 yang tidak bekerja pun ditanggung oleh pemerintah dengan mendapatkan uang yang cukup untuk makan setiap bulanya, enak skali yah.



ok, pengamatan ini saya mulai dari Prinsip Dasar Ekonomi Sosialis, yang saya kutip dari blog orang :D

Dalam sistem ekonomi sosialisme mempunyai beberapa prinsip dasar sebasagai berikut:

"1) Pemilikan Harta oleh Negara
Seluruh bentuk produksi dan sumber pendapatan menjadi milik masyarakat secara keseluruhan. Hak individu untuk memiliki harta atau memanfaatkan produksi tidak diperbolehkan.

2) Kesamaan Ekonomi
Sistem ekonomi sosialis menyatakan, (walaupun sulit ditemui disemua Negara komunis) bahwa hak-hak individu dalam suatu bidang ekonomi ditentukan oelh prinsip kesamaan. Setiap individu disediakan kebutuhan hidup menurut keperluan masing-masing.

3) Disiplin Politik
Untuk mencapai tujuan diatas, keseluruhan Negara diletakkan dibawah peraturan kaum buruh, yang mengambil alih semua aturan produksi dan distribusi. Kebebasan ekonomi serta hak kepemilikan harta dihapus. Aturan yang diperlakukan sangat ketat untuk lebih menggefektifkan praktek sosialisme. Hal ini yang menunjukkan tanpa adanya upaya yang lebih ketat mengatur kehidupan rakyat, maka keberlangsungan system sosialis ini tidak akan berlaku ideal sebagaimana dicita-citakan oleh Marx, Lenin dan Stalin."


sekian dl postinganya untuk dipikirkan dan diteliti.. :D

1 comment: