7/12/2010

Cahaya yang Terpancar dari Wajah adalah Senyuman

"Your day goes the way the corners of your mouth turn". "Hari-hari Anda berjalan seperti gerakan sudut mulut Anda," begitu kata pepatah. Bila tersenyum, hari-hari Anda akan menjadi lebih baik seperti tanjakan sudut bibir Anda. Bila Anda merengut, maka hari-hari akan terasa buruk, seperti sudut bibir yang turun.

Senyum adalah sedekah, padahal senyum tidak membuat kaya dan tidak mengenyangkan. Karena senyum bukan sedekah berupa harta, tetapi kita mensedekahkan kebahagiaan, yang terkadang tidak sedang kita miliki. Ketika kita memberikan senyuman tulus kepada orang lain, disaat itulah kita membagi kebahagiaan, walaupun saat itu kita sendiri tidak sedang merasa senang dan bahagia, namun senyuman yang kita berikan juga meringankan setiap “beban” dipundak kita. Senyum adalah cara yang paling mudah dan paling murah untuk berbagi sukacita, harapan, dan kebahagiaan kepada sesama. ''Senyummu yang kau tunjukkan kepada saudaramu,'' sabda Nabi SAW, ''adalah sedekah.''

Senyum adalah ekspresi. Menunjukkan kebesaran jiwa dan kelapangan hati. Orang yang sering tersenyum senantiasa berwajah cerah dan menyenangkan. Walau tak tampan atau cantik, kecerahan wajahnya membuatnya simpatik dan terkesan terbuka kepada siapa saja. Ekspresi senyum mampu mencairkan kebekuan, kecemasan dan keragu-raguan. Membuat suasana hangat, akrab dan penuh keharmonisan.

Senyum juga merupakan terapi mental dan kejiwaan, merupakan upaya dari dalam diri kita untuk melawan berbagai tekanan yang kita hadapi. Dengan tersenyum, tanpa sadar kita sedang berupaya menghibur diri dari setiap masalah, mengobati mental yang terpuruk sekaligius melatihnya untuk semakin tegar. Tersenyum (sambil beristighfar) dalam kesedihan dan kesusahan, merupakan obat terbaik bagi diri untuk menemukan solusi dan keluar dari tekanan psikis.

Lihatlah bayi mungil yang baru lahir. Dia tak dapat berbahasa seperti kita, namun senyumannya mampu meluluhkan hati siapa saja yang melihatnya. Senyuman bayi begitu menggemaskan, mampu menggambarkan kebahagiaan yang tulus dan fitrah. Orang akan melakukan apa saja untuknya, walau sang bayi tak pernah menyuruh dan memerintah, namun senyumannya memiliki ribuan makna yang membuat orang berusaha untuk memahami kebutuhannya. Bila bayi menangis, itu merupakan alert bahwa ada masalah dan ketidaknyamanan, dan orang-orang disekitarnya akan berupaya mencari sumber masalahnya kemudian mencari solusinya. Dan bila sang bayi tersenyum, ada kebahagiaan yang dirasakan dan ditularkan pada siapa saja yang melihatnya. Tersenyumlah dengan ketulusan.. hati anda akan lapang dan anda akan menjadi pribadi yang hangat. Karena dengan tersenyum, anda sedang membuka pintu hati anda pada siapa saja. Senyuman yang tulus gambaran kematangan pribadi seseorang, karena senyuman adalah gambaran hati, sehingga akan turut membentuk karakter seseorang.

Senyum itu menyehatkan

Tahukah anda? Saat tersenyum, otot mata mengerut, dua otot sudut bibir tertarik, otot di sekitar hidung juga, dua otot disudut mulut bergerak naik, dan dua otot lagi membuat bibir melebar. Kalau dihitung, ada 12 otot wajah yang bergerak saat seseorang tersenyum. Saat merengut, otot yang bergerak hanya sebelas. Sementara senyuman palsu hanya menggerakan dua otot yaitu di sudut bibir."Saya bisa tahu senyuman seseorang tulus atau palsu dengan cara melihat matanya. Seseorang yang tersenyum palsu matanya tidak ikut tersenyum," kata David Song, MD, FACS., ahli bedah plastik Universitas Chicago Hospital.

“Jika tersenyum, otak mereka mengeluarkan seretonin yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka,” sahut Patch Adams, seorang Doktor Kesehatan yang hingga kini masih hidup di West Virginia, Amerika Serikat. Ketika seseorang tersenyum, betapapun sedang tidak bahagianya orang tersebut, otak mereka akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sekaligus juga memberi daya angkat bagi kondisi psikologis seseorang. Suatu alat pengangkat beban jiwa, begitu kira-kira. Dengan kata lain, meski hanya berpura-pura bahagia, tapi dengan senyuman orang dapat membuat dirinya benar-benar menjadi lebih sehat dan lebih bahagia.
 


tersenyumlah kawan  :) 

sumber : http://qudrat.multiply.com/journal/item/85 

1 comment:

  1. alhamdulillah mas senyum adalah ibadah bila semua kita niatkan karena ALLAH SWT semata...semoga dalam hidup kita banyak pahalanya dari pada dosanya agar kita kelak menjadi penghuni surgaNYA ALLAH SWT..amien...!

    ReplyDelete